Senin, Agustus 3, 2020
Lintas DaerahLINTAS EKBISLINTAS TNI

TINGKATKAN HASIL PANEN, BABINSA BERSAMA PETANI SERANG MARKAS HAMA WALANG SANGIT DENGAN SEMPROTKAN XSILLER

PENAJAM | Demi meningkatkan dan mewujudkan ketahanan panan sesuai apa yang di programkan oleh pemerintah, seorang Bintara Pembina Des (Babinsa) harus senantiasa berperan aktif di wilayah binaannya suka maupun duka dan wajib melaksanakan tugas yang di perintahkan oleh Komado Atas.

Ini salah satunya yang dilakukan Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Serda Heri Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah dengan melakukan pendampingan petugas PPL dan Formulator dalam pemberantasan walang sangit yang menyerang padi di sawah binaannya, tepatnya di Jln. Pondok Kessi RT 01 Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penjam Paser Utara, Jum’at (03/07).

Tujuan dari Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah tersebut untuk memotivasi semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah.

TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Serda Heri mengungkapakan “Kegiatan penyemprotan hama padi kali ini mengunakan jenis obat semprot Xsiller dengan bahan aktif Chlorpyrifos 500 g/l dan Cypermethrin 50 g/l 550 EC, yang merupakan bantuan dari Iwan (Formulator) yang bekerja sama dengan Eni Radesta,SP. Selaku PPL dan ini untuk mendukung program pemerintah guna untuk mencapai target yang diinginkan .”Ungkap Babinsa

Sementara itu Mustaming salah satu warga mengemukakan kepada awak media,”Terimakasih Pak Babinsa, Petugas PPL Mbak Eni dan Mas Iwan yang mau terjun langsung ke sawah dan telah membantu kami selaku petani di sawah yang saat ini padi sedang di serang oleh walang sangit, sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas kerja samanya,” ujar Taming sapa akrabnya.

Dikaitkan dengan permasalahan saat ini dengan keterbatasan petugas di lapangan, peran aktif Babinsa dalam melaksanakan pendampingan program Upsus pertanian guna mencapai program swasembada pangan sangat penting serta tetap terjalin kemanunggalam TNI dengan Rakyat.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan mengusir walang sangit yang ada di sawah sehingga panen nantinya bisa maksimal,” ungkap Eni Radesta selaku PPL Kelurahan Tanjung Tengah.

Reporter : Murdianto
Sumber : Penrem 091/ASN
Editor : Redaksi lintaskalteng.com

Tinggalkan Balasan