Rabu, Juli 15, 2020
Lintas DaerahLINTAS HUKRIM

ILLEGAL LOGING… Polres Bartim Berhasil Amankan Truk Dump Bermuatan Kayu Log Tanpa Dokumen SKSHH

TAMIANG LAYANG I lintaskalteng.com – Kembali Satuan Resor Kriminal (Satreskrim) Polisi Resor (Polres) Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah, mengagalkan peredaran kayu log yang melintas diwilayah hukum Polres Bartim. Alhsil, satu unit truk dump DA 8421 ZA yang tidak dilengkapi Dokumen Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) berhasil diamankan Polres Barito Timur (Bartim), baru-baru ini.

Dari hasil pengamanan sebuah truk dump tersebut ditemukan kayu log jenis meranti yang diangkut menggunakan truk bernomor polisi DA 8421 ZA karena tidak dilengkapi dokumen saat melintasi jalan Serapat Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy, S.I.K., M.H., melalui Kasat Reskrim AKP Andika Rama, S.I.K., menjelaskan, “awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan ada angkutan kayu log atau kayu bulat diduga ilegal yang dimuat di sebuah truk yang akan diantar ke Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan.

Setelah itu kami menemukan kemiripan ciri – ciri truk yang dimaksud, selanjutnya kami hentikan dan ternyata benar memuat kayu log dan setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam, ternyata kayu meranti tanpa dokumen itu berasal dari Desa Telang Siong Kecamatan Paju Epat yang akan diantar menuju Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Prov. Kalimantan Selatan.

Kasat Reskrim menambahkan, “WH (33) selaku supir Truk tidak bisa menunjukkan dokumen – dokumen pendukung Kini, penyidik sudah meminta keterangan ahli dibidang kehutanan dan dari Hasil pemeriksaan diketahui kayu jenis kayu kempis yang tergolong sebagai kayu meranti sebanyak 12 potong dengan panjang empat meter.

Kayu tersebut ditaksir memiliki volume sekitar enam kubik dan saat ini baik sopir maupun barang bukti kita amankan di Polres Bartim guna proses penyidikan lebih lanjut.

Kepada Tersangka kita kenakan Pasal 83 Ayat (1) Huruf “b” Jinto Pasal 88 Ayat (1) Huruf “a” UU RI No.18 Tahun 2013, Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, dengan ancaman hukuman minilal Satu Tahun dan maksimal Lima Tahun Penjara,” jelas Kasat. (tim)

Editor : @admin-lintas-kalteng

Tinggalkan Balasan