Rabu, Juli 15, 2020
Lintas DaerahLINTAS PENDIDIKAN

Ini Pesan, Koramil 0904-05/Kuaro Saat Pelantikan Anggota Saka Wira Kartika

Lintaskalteng.com | SAMARINDA – Danramil 0904-05/ Kuaro melepas dan menutup serta menyematkan Wings Tapak Merah peserta dari Gerakan Pramuka Ambalan Mulawarman 04.067/ 04.068. Pangkalan SMAN 1, Kec. Kuaro, Kabupaten Paser di halaman Kantor Koramil 0904-05/ Kuaro, Minggu (30/12/2018).

Sedangkan untuk kegiatan di mulai hari Jum’at sampai dengan Minggu mulai tanggal 28 s/d 30 Desember 2018, bertempat Buper SDN 011 Desa Lolo sampai Lapangan Panglima Modang Kelurahan Kuaro.

Perkemahan dan pelatihan Saka Wira Kartika diikuti oleh 49 orang terdiri dari PI 18 orang dan PA 31 orang dibagi menjadi 5 regu.

Danramil 0904-05/ Kuaro Kapten Inf Suratman sebagai Mabiran gerakan Pramuka Saka Wira Kartika mengatakan bahwa dalam kegiatan kali ini, tidak hanya kegiatan perkemahan Pramuka saja, namun juga dilaksanakan kegiatan pelatihan anggota Saka Wira Kartika, kegiatan pelatihan anggota tersebut diharapkan dapat memacu semangat para anggota Saka Wira Kartika untuk lebih giat berlatih.

Dalam pengarahanya Danramil menyampaikan bahwa Pramuka merupakan salah satu kegiatan Ketahanan Wilayah untuk menjadi kekuatan Pendukung dan Bela Negara sehingga generasi muda dapat berkepribadian yang berdisiplin, bertoleransi dan mempunyai jiwa kesatria dan diharapkan dapat menjadi generasi penerus Bangsa yang Tangguh dan Bertanggung Jawab.

Hikmah kegiatan ini adalah mengingat para pendahulu untuk berjuang mempertahankan, membela Tanah Air, mengorbankan waktu, tenaga, serta jiwa, jelasnya.

Pejuang terdahulu selalu memakai telapak kaki (jalan kaki), yang sekarangdi warisi jiwa Patriotisme. Jiwa muda harus memiliki jiwa juang, jiwa patriotisme serta memiliki ketahanan Fisik yg tangguh, sebagai bekalmu nanti sebagai penerus Bangsa.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan beberapa materi antara lain PBB (Peraturan Baris Berbaris), Bela Negara, Kedisiplinan, Kesakaan Wira Kartika, Administrasi Desa, Sejarah perjuangan daerah Paser, Berpedoman Tri Satya dan Dasa Darma.

“Kegiatan pembinaan kepramukaan di Koramil akan menjadi agenda tetap dan akan terus ditingkatkan,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan pelepasan di lepas oleh Danramil 05/ Kuaro, Kapten Inf Suratman, start Tapak Tilas dari Halaman Kantor Koramil 0904-05/ Kuaro menempuh jalan menuju Desa Lolo , Desa Keluang Paser Jaya, Desa Klempang Sari, kel. Kuaro, dengan Jarak 40 Km yang diikuti sekolah binaan, SMPN 5 Ds Paser Mayang, MTSN 3 Paser, SMK Kertanegara Ds. Rangan dan SMA 1 Kel. Kuaro. (Red)
Sumber : Penrem 091/ASN

Admin Lintas Kalteng

Tinggalkan Balasan